Pembentukan Forum PRB-API Tingkat Kabupaten Nagekeo

Diposting oleh On 11.51 with No comments

Pasang Iklan
Flores Post - Mbay , Pemerintah Kabupaten Nagekeo melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah, bekerja sama dengan World Neighbors, USAID dan Yayasan Mitra Tani Mandiri Flores membentuk Forum Pengurangan Resiko Bencana dan Adaptasi Perubahan Iklim Tingkat Kabupaten Nagekeo, Senin, 29 Juni 2015 di Aula Kantor Bupati Nagekeo. Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Nagekeo Elias Djo serta dihadiri oleh Wakil Bupati Nagekeo Paulinus Y. Nuwa Veto, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nagekeo Kristianus Dua Wea, Sekretaris Daerah Kabupaten Nagekeo Drs. Julius Lawotan, para Pimpinan SKPD, FORKOMPINCAM, para kepala desa, perwakilan LSM/NGO, tokoh agama serta undangan lainnya.


Forum Pengurangan Resiko Bencana dan Adaptasi Perubahan Iklim (PRB-API) Tingkat Kabupaten Nagekeo dibentuk sebagai wadah koordinasi dan komunikasi untuk mengembangkan kebijakan pembangunan yang mengarusutamakan isu-isu dan mendukung rencana aksi penanggulangan resiko bencana dan adaptasi perubahan iklim. Forum PRB-API nantinya akan menjadi media belajar bagi para pihak yang berkomitmen untuk mengkoordinasikan aksi-aksi pencegahan bencana serta untuk membangun solidaritas terhadap dampak bencana.

Bupati Nagekeo dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Kabupaten Nagekeo termasuk dalam wilayah yang rentan terhadap bencana seperti gempa bumi, letusan gunung api, tsunami, dan juga kekeringan. “ Kita memang tidak dapat mengatur atau menghindari kekuatan alam, tetapi kita bisa meminimalisir risiko apabila kita menyiapkan diri secara bijak dan cerdas. Untuk itu diperlukan pemahaman yang memadai bagaimana menghadapi bencana yang datang apapun penyebabnya, yang sewaktu-waktu bisa menimpa kita,” jelas Elias Djo. Bupati Nagekeo mengharapkan agar kehadiran Forum Pengurangan Resiko Bencana dan Adaptasi Perubahan Iklim dapat berperan dalam menghadapi dan menanggulangi dampak bencana.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nagekeo Kristianus Dua Wea menyampaikan harapannya agar Forum Penanggulangan Resiko Bencana dan Adaptasi Perubahan Iklim dapat menjadi wadah komunikasi antara pemerintah, stake holders terkait serta segenap masyarakat untuk mensosialisasikan cara menghadapi, menanggulangi dan mengurangi resiko dan dampak bencana bagi masyarakat luas.

Berita Bagian Administrasi Kemasyarakatan Setda Nagekeo
.
Pasang Iklan .
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Note :

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel
2. Berkomentarlah dengan bijak
3. Mohon untuk tidak melakukan SPAM

Semoga Jaringan kita terus terjalin dengan saling berbagi informasi

Regards,
Flores Post