Zulkifli Hasan: Kalau Makan Saja Belum Berdaulat, Tidak Bisa Jadi Negara Maju

Diposting oleh On 16.48 with No comments

Pasang Iklan

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Penasihat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Zulkifli Hasan berpendapat salah satu hal yang perlu disoroti calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam debat kedua adalah soal ketahanan pangan. Menurut dia, urusan makanan masyarakat Indonesia bisa menentukan kemajuan sebuah bangsa. "Kalau kita makannya enggak bisa berdaulat, masih beli, tidak mungkin bisa berlaku adil. Tidak bisa menjadi negara maju dan tidak bisa menjadi negara besar karena makan saja kita enggak sanggup," ujar Zulkifli di Kompleks Parlemen, Selasa (11/2/2019).

Berawal dari kedaulatan pangan, Zulkifli mengatakan kualitas hidup di Indonesia akan lebih baik di segala aspek. Mulai dari peningkatan kualitas demokrasi, kesetaraan bangsa, hingga prestasi rakyatnya. Zulkifli tidak menegaskan apa yang dia maksud sebagai berdaulat dalam hal makanan. Dia hanya berpendapat isu ini harus diangkat Prabowo dalam debat kedua nanti. "Saya enggak masuk detail, yang penting saya sampaikan bahwa makan itu menentukan masa depan kedaulatan Indonesia," ujar Zulkifli.

Salah satu isu mengenai pangan yang terus dikampanyekan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno adalah soal swasembada pangan. Prabowo-Sandiaga tidak ingin Indonesia terus menerus impor untuk memenuhi kebutuhan pangan yang bisa disediakan di dalam negeri. Debat kedua pilpres akan digelar Minggu (17/2/2019). Peserta debat adalah calon presiden. Tema yang diangkat energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Debat diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta. Empat stasiun televisi yang akan menyiarkan debat, yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV.



Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Zulkifli Hasan: Kalau Makan Saja Belum Berdaulat, Tidak Bisa Jadi Negara Maju", https://nasional.kompas.com/read/2019/02/12/16193761/zulkifli-hasan-kalau-makan-saja-belum-berdaulat-tidak-bisa-jadi-negara-maju?fbclid=IwAR0LmH4aTt5Grq2fKF0DOM5jION4Z9Af4mXX5B741lScATrIjWir-UiiLD0
.
Pasang Iklan .
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

Note :

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel
2. Berkomentarlah dengan bijak
3. Mohon untuk tidak melakukan SPAM

Semoga Jaringan kita terus terjalin dengan saling berbagi informasi

Regards,
Flores Post