Uni Eropa Dukung Akan Pengembangan Ekowisata Flores

Diposting oleh On 13.41 with 1 comment

Pasang Iklan
FONews.Tidak hanya Pemerintah Indonesia saja yang tampaknya berniat untuk memajukan perekonomian dan pariwisata di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Perwakilan dari Delegasi Uni Eropa di Jakarta juga memandang penting inisiatif yang digagas oleh Indonesian Ecotourism Network (Indecon) melalui proyek Pengembangan Ekowisata Flores untuk Perdagangan Berkelanjutan (INFEST).

Demikian dukungan tersebut disampaikan oleh Andreas Roettger (First Secretary/Kepala Bagian Kerjasama Ekonomi dan Regional/Tata Kelola Pemerintah pada Delegasi Uni Eropa di Jakarta) ketika ditemui dalam acara kick off meeting INFEST yang diadakan di Hotel Akmani,  Jakarta, Rabu (10/4). Roettger mengatakan jika proyek INFEST akan menjamin ekowisata di Flores menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Lebih lanjut, Roettger sendiri memandang penting inisiatif proyek tersebut untuk mendukung program-program besar Pemerintah Indonesia dalam memajukan ekowisata di kawasan itu. Ia merasa yakin jika segala bentuk bantuan yang diberikan oleh Uni Eropa dapat segera meningkatkan pariwisata dan terutama perekonomian masyarakat daerah Flores.

"Proyek INFEST ini bertujuan untuk menjangkau dan memberdayakan masyarakat di pelosok-pelosok kepulauan Indonesia. Kegiatannya akan mendorong partisipasi lokal termasuk kelompok kelompok masyarakat, pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan lainnya," ujar Roettger.

Ia menambahkan jika proyek ini nantinya juga akan menjamin ekowisata di Flores yang akan menjamin kelestarian serta membawa lebih banyak manfaat bagi penghidupan masyarakat serta pembangunan ekonomi daerah pada umummnya.

Roetgger menjelaskan jika proyek INFEST ini merupakan salah satu inisiatif yang didukung oleh Uni Eropa di NTT dengan tujuan untuk pemberdayaan dan penguatan kapasitas masyarakat lokal seperti kelompok usaha mikro bagi wanita usia muda, pengrajin tenun/industri rumah tangga serta penyedia jasa ekowisata setempat.

"Uni Eropa juga berkontribus sebesar 4,9 juta Euro pada PNPM Support Facility (PSF) yang merupakan sebuah lembaga dana multi donor untuk mendukung pelaksanaa program utama pemerintah di bidang pemberdayaan masyarakat," tuturnya.

Seperti yang banyak diberitakan sebelumnya, pemerintah terus menggenjot pariwisata yang ada di kawasan NTT, khususnya kawasan Pulau Flores. Taman Nasional Komodo yang terletak di barat Flores dan Taman Nasional Kelimutu di timur Flores merupakan daya tarik utama pariwisata yang bisa dipromosikan oleh pemerintah.

Tidak hanya itu, desa-desa budaya dan daya tarik wisata alam di sepanjang koridor dua daya tarik utama ini sangat berpotensi untuk dijadikan daerah wisata baik untuk turis lokal dan turis asing.

Namun, lagi-lagi permasalahan-permasalahan utama seperti infrastruktur bandara/pelabuhan, transportasi, jalan, penginapan dan lainnya masih menjadi kendala utama yang belum dapat dikelola secara maksimal oleh pemerintah agar dapat mendukung dan mengambil peran dalam pariwisata Flores secara optimal.

sumber metrotv
.
Pasang Iklan .
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

I'm interested in your article on the concept of learning.
I also have a similar article about the learning process that you can visit in http://ebook.gunadarma.ac.id/psikologi/140/22%20Quroyzhin_PsikologiKognitif.pdf.html

Note :

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel
2. Berkomentarlah dengan bijak
3. Mohon untuk tidak melakukan SPAM

Semoga Jaringan kita terus terjalin dengan saling berbagi informasi

Regards,
Flores Post