Esthon-Paul Kuasai 9 Daerah, Frenly 12

Diposting oleh On 13.28 with No comments

Pasang Iklan
KUPANG,Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT baru menjadwalkan pleno penetapan hasil Pemilu Gubernur/Wakil Gubernur (Pilgub) NTT pada Sabtu (1/6) nanti. Namun dengan berakhirnya pleno rekapitulasi Pilgub di 20 kabupaten/kota, minus kabupaten TTS karena masih menyisahkan satu kecamatan yang melakukan coblosan ulang (Di TPS 1 Desa Fatu Ulan, Kecamatan Ki'e), siapa yang keluar sebagai pemenang Pilgub NTT sudah bisa diketahui.

Dari hasil pleno 20 kabupaten/kota, pasangan Nomor 1, Esthon L. Foenay-Paul E. Tallo (Esthon-Paul) meraih 1.006.686 suara (48,59 persen), sedangkan pasangan Nomor 4, Frans Lebu Raya-Benny Litelnoni meraih 1.065.265 (51,41 persen).

Dengan hasil ini, Frenly unggul sekira 58 ribu suara dari pasangan Esthon-Paul, minus suara di Kecamatan Ki'e, TTS. Kecamatan Ki'e memiliki jumlah pemilih dalam DPT sebanyak 13.029 pemilih. (Selengkapnya lihat grafis).

Dari 20 kabupaten/kota yang sudah final tersebut, Esthon-Paul meraih kemenangan di delapan kabupaten/kota. TTS juga dipastikan akan dimenangkan Esthon-Paul karena minus Kecamatan Ki'e yang baru akan dilakukan pemungutan suara hari ini.

Dengan demikian Esthon-Paul menang di sembilan kabupaten/kota yakni Kota Kupang, Kabupaten Kupang, TTS, Alor, Rote Ndao, Sabu Raijua, Sumba Timur, Sumba Tengah dan Sumba Barat. Sedangkan Frenly menang di 12 kabupaten yakni Lembata, Flores Timur, Sikka, Ende, Ngada, Nagekeo, Manggarai Timur, Manggarai, Manggarai Barat, Sumba Barat Daya, TTU dan Belu.

Ketua Tim Pemenangan Paket Frenly, Kristo Blasin dikonfirmasi mengenai hasil pleno Pilgub NTT tersebut mengatakan, pihaknya sudah memiliki data sumber dari C1KWK yang sudah dikantongi sebelum KPU Kabupaten/Kota melakukan pleno.

Karena itu Kristo mengatakan pihaknya sudah melakukan cros chek dengan data KPU dan hasilnya tidak ada perbedaan. "Kami juga menggunakan data dari C1KWK sehingga tidak ada perbedaan," ujarnya.

Kristo juga menghimbau pendukung Frenly dan masyarakat NTT untuk tetap sabar menanti hasil pleno Pilgub NTT. "Kita harapkan untuk tetap menjaga suasana yang tenang dan rukun selama menunggu perhitungan akhir oleh KPU NTT tanggal 1 Juni nanti," harapnya.

Sementara itu, Juru Bicara KPU NTT, Djidon de Haan mengatakan, persiapan untuk pelaksanaan pemungutan ulang di TPS 1 Desa Fatu Ulan, Kecamatan Kie sudah siap dilaksanakan pihaknya. "Logistik dan kesiapan penyelenggara sudah siap sehingga siap dilakukan pemungutan suara ulang," katanya. Jumlah pemilih yang menggunakan hak pilih di TPS itu sebanyak 266 orang.

Sedangkan jumlah surat suara dalam kotak surat sebanyak 271 atau ada kelebihan lima suara.
Djidon juga mengatakan, pleno penetapan hasil Pilgub NTT putaran kedua sesuai jadwal akan dilaksanakan Sabtu (1/6). Setelah pemungutan suara ulang di satu TPS di Kecamatan Kie tersebut maka data hasil Pilgub NTT dari seluruh kabupaten/kota sudah final.

sumber Timor Expres
.
Pasang Iklan .
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Note :

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel
2. Berkomentarlah dengan bijak
3. Mohon untuk tidak melakukan SPAM

Semoga Jaringan kita terus terjalin dengan saling berbagi informasi

Regards,
Flores Post