Kuliah di Pulau Jawa?! Jangan Takut!

Diposting oleh On 10.06 with No comments

Pasang Iklan
Flores Post - Setelah tamat dari Sekolah Menengah Atas (SMA), STM, SMK, biasanya anak anak di Flores kebingungan untuk mencari kampus yang cocok untuk melanjutkan pendidikannya ke tingkat perguruan tinggi. 

Dalam menentukkan kampus yang cocok untuk mereka, orang tua sangat berperan penting didalamnya. Tipikal orang tua yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya juga bisa mempengaruhi semangat anak. Ada tipe orang tua yang mengatakan:

”Anak, kau harus kuliah dikampus ini, karena bapak dengar dari bapak punya teman, kalau kampus ini bagus”. 
Dan sang anak pun menjawab:”Eh, tidak bisa bapak, saya tidak mau, saya mau ikut dengan saya punya teman, supaya kami bisa sama-sama”. 
Lalu sang Bapak pun berkata dengan suara yang keras: “Kalau kau tidak mau ikut bapak punya mau, kau kerja kebun saja!” 
Sang anak pun terdiam, tanpa ada sepatah kata pun yang keluar dari bibirnya.

Dari ulasan tersebut, bisa disimpulkan, bahwa orang tua yang keras. Begitu pun sebaliknya, ada tipikal orang tua yang menuruti kemauan sang anak. Tipe orang tua yang keras dan tipe orang tua yang menuruti kemauan sang anak, keduanya sama-sama baik. Setiap orang tua pasti punya latar belakang dan rencana yang terbaik bagi masa depan anak-anaknya. Bagi para adik adik di  Flores yang akan melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi, janganlah kalian melawan pada orang tua kalian. Karena, sekali pun orang tua kita salah, mereka akan selalu benar, karena pakian dalam kita saja masih dibelikkan oleh mereka. Memang tidak mudah bagi kalian untuk memahami cara untuk menghargai orang tua, semua itu butuh proses yang panjang. 

Ketika mereka sudah sendiri berjuang hidup di tanahnya orang. Makan urus sendiri, sakit rawat diri sendiri, ada masalah pun diselesaikan sendiri. Ketika sang anak sudah mengalami semuanya itu, barulah ia sadar bahwa ternyata apa yang telah orang tua lakukan padanya merupakan hal terbaik yang pernah ia alami selama hidupnya. Bapak dan Mama kita merupakan kedua insan yang paling menyayangi kita di muka bumi ini. Bapak yang berjiwa keras dan mama yang selalu mengusap air mata kita, ketika Bapak tak sengaja berkata keras dan menyakiti hati kita merupakan orang yang paling memahami kita sejak kecil sampai kita seusia sekarang. Jadi, turuti saja keputusan yang diberikan oleh orang tua, karena itu merupakan keputusan yang terbaik bagi masa depan kita.

Untuk menyekolahkan anak ke pulau Jawa, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Kediri, Malang dan Surabaya. para orang tua di Flores sering memiliki ketakutan untuk memberikan keputusan tersebut. Para orang tua takut karena, mereka tidak bisa mengontrol dan mengawasi secara langsung aktivitas anak mereka. Selain itu juga, mereka takut kalau anak anak mereka terjerumus dalam kebiasaan buruk di kota-kota besar, seperti mengkonsumsi narkoba dan pergaulan bebas. Memang wajar saja, akan tetapi alangkah baiknya apabila bapak/mama sekalian memberanikan diri untuk menyekolahkan anak ke pulau Jawa. Ada banyak hal positif yang bisa didapatkan adik adik di pulau Jawa. Wawasan mereka akan semakin bertambah dan bisa cepat berkembang. Intinya bahwa bapak/mama selalu berpesan kepada sang anak untuk benar-benar menekuni proses pekuliahannya. Selain itu bapak/mama harus memasang target bahwa mereka harus lulus tepat waktu, jika tidak mereka harus bertanggung jawab atas dirinya sediri. 

Cara ini bisa menyadarkan adik adik untuk serius dan sungguh-sungguh pada proses perkuliahannya. Bapak/mama juga bisa mengecek aktivitas mereka via telpon. Agar tidak tertipu , bapak/mama harus selalu mengingatkan bahwa: “Ingat ame/ine, nong/oa, nana/enu, bapak dan mama disini kerja setengah mati, sekolah baik-baik, supaya bisa urus adek-adek. Jangan tipu bapak dan mama, karena kalau kau tipu, dosa berat dan itu akan menyakiti hati bapak dan mama selamanya”. Bukan untuk mengajarkan bapak/mama, namun berdasarkan cerita dan pengelaman dari alumni dari Flores yang sudah ada di pulau Jawa ini, hal-hal seperti itulah yang bisa membuat mereka selalu sadar dan sungguh-sungguh dalam menjalani proses perkuliahannya. 

Oleh karena itu, jika bapak/mama ingin menyekolahkan anak ke pulau Jawa, janganlah takut, yakinlah bahwa anak kita, adik kita pasti bisa berhasil dan bisa membanggakan kalian, mengingat pusatnya Indonesia adalah pulau Jawa. (Oleh :Inosensius Julio Tolo.)

.
Pasang Iklan .
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Note :

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel
2. Berkomentarlah dengan bijak
3. Mohon untuk tidak melakukan SPAM

Semoga Jaringan kita terus terjalin dengan saling berbagi informasi

Regards,
Flores Post