Universitas Nusa Cendana "Undana" 2 Ngada di Resmikan

Diposting oleh On 16.35 with 1 comment

Pasang Iklan

Penekanan Tombol Pembukaan Kampus Undana 2 Ngada
Tanggal 30 Mei 2013 merupakan hari bersejarah bagi Universitas Nusa Cendana (Undana) dan Pemerinah Kabupaten Ngada serta masyarakat setempat, karena Kampus  Undana II di Bajawa telah diresmikan, untuk melaksanakan program Unit Sumber Belajar Belajar Jarak Jauh (USBJJ) di Aula Ine Sina dengan berbagai program studi. Program pendidikan jarak jauh itu merupakan kerja sama antara Pemkab Ngada dengan Undana yang akan dimulai bulan Juli tahun ini.
Peresmian Kampus Undana II di Kota Bajawa dilaksanakan setelah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Undana yang diwakili oleh Rektor Undana, Prof. Ir. Frans Umbu Datta, M.App.Sc.Ph.D dan Pemkab Ngada diwakili Bupati, Marianus Sae. Acara penandatanganan MoU itu berlangsung di ruang kerja Bupati disaksikan Ketua DPRD Kabupaten Ngada, Kristoforus Loko, S.Fil, Wakil Bupati Ngada, Drs. Paulus Soliwoa,  Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, Ir. Max M. J. Kapa, M.Agr.Sc, Dekan FISIP, Dr. Frans Gana, MS, Dekan FH, Sukardan Aloysius,SH.M.Hum, Dekan FKM, Ir. Gustaf Oematan, M.Si, Dekan FST, Prof. Dr. Mangadas Lumba Gaol, MS serta para pejabat lain di Kabupaten Ngada.
Rektor, Prof. Frans Umbu Datta dalam sambutannya pada acara peresmian dan peluncuran Pendidikan Jarak Jauh Undana tersebut mengatakan, PJJ yang dilaksanakan Undana di Kabupaten Ngada sama dengan kampus Undana II yang ada di Pulau Flores. Kehadiran PJJ di Ngada tersebut adalah sebuah pergumulan panjang bagaimana meyakinkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Tinggi di NTT mengalami peningkatan di atas 5 %. APK pendidikan tinggi adalah jumlah pemuda/pemudi yang berusia 17-24 tahun yang sedang mengeyam pendidikan tinggi saat ini tidak melebihi 60.000 orang di seluruh NTT. Khusus Undana 20.000, 7000 di PTS yang ada di Kota Kupang, ditambah Unimor di TTU dan Untrib di Kalabahi Alor. Lalu bagaimana dengan jumlah lima tahun lalu, dan lima tahun ke depan, kalau tidak ada terbosan ini. Makanya momentum hari ini benar-benar merupakan sebuah keajaiban, lebih dari sekedar sebuah terobosan, dan sungguh ajaib Tuhan menanti orang-orang yang tepat pada waktu yang tepat, dan inilah waktunya, 30 Mei 2013, hari ini saya katakana bahwa secara resmi Kampus Undana II di buka di Kota Bajawa ibu kota Ngada, kata Umbu Datta.
Selain itu juga, tujuan PJJ tersebut, kata Umbu Datta untuk mendekatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat sesuai visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Agar menjangkau yang tidak terjangkau, dan menanti supaya mereka menjangkau, tetapi Undana datang menjangkau bahkan menjemput mereka. “Jadi tanggal 30 Mei adalah merupakan tonggak sejarah buat bangsa Indonesia yang ada di Kabupaten Ngada dan ada di NTT. Membayangkan lahirnya PTN di Flores adalah sebuah mimpi, apalagi di Kabupaten Ngada. Tetapi hari ini sudah terwujud. Undana didirikan oleh orang NTT untuk Nusa Tenggara Timur, karena itu pantas kalau PTN itu juga ada di Pulau Flores,” katanya.
Rektor, Frans Umbu Datta mengatakan, ada dua lokasi kampus  yang luasnya 8 dan 10 hektar masing-masing di Desa Loa Kecamatan Loa, dan dilokasi Bandara Lama Padahameleda, kampung Turekisa, Kecamatan Golewa, akan segera dibangun kampus Undana II di Bajawa. Untuk sementara proses perkuliahan tahun pertama menggunakan aula serbaguna Ina Sine, namun kedepan sesuai dengan dukungan Pemkab Ngada, akan segera dibangun gedung kampus Undana II di dua lokasi yang telah disiapkan oleh pemerintah setempat.
Bupati Ngada, Marianus Sae pada kesempatan itu memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas peristiwa bersejarah peresmian pembukaan USBPJJ kampus Undana II sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) ke depan melalui pendidikan di daerah yang dipimpinnya.
“Sebagai pemimpin daerah, ia yakin masyarakat Ngada sudah siap dan komit mendukung dan membesarkan kampus ini. Saya secara pribadi dan seluruh masyarakat Bajawa khususnya dan Pemerintah Kabupaten Ngada pada umumnya menyampaikan terima kasih kepada Rektor dan seluruh sivitas akademika Undana yang telah menyatakan niat baik guna mendukung membangun dunia pendidikan tinggi di daerah ini,” katanya.
Ketua DPRD Kabupaten Ngada, Kristofel Loko, S.Fil menyatakan sangat mendukung dibukanya USBPJJ Kampus Undana II di Kabupaten Ngada. Menurutnya, kemajuan suatu daerah bukan ditentukan oleh pembangunan sarana insfrastruktur seperti jalan dan jembatan, tetapi investasi di bidang pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan kedepan. Sebagai dewan, ia sangat mendukung karena pendidikan adalah kebutuhan dasar masyarakat.
Untuk ke depan, para mahasiswa yang kuliah di kampus ini harus percaya diri bahwa mereka adalah mahasiswa USBPJJ di Kampus Undana II di Bajawa. Tanpa adanya motivasi dan kepercayaan diri, tidak akan mungkin kampus ini berkembang pesat ke depan.
Sehari sebelum peresmian, Bupati, dan Rektor bersama rombongan berkesempatan meninjau lokasi tanah di dua tempat yang berbeda yang akan dihibahkan kepada Undana untuk membangun kampus Undana II di Bajawa.
.
Pasang Iklan .
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Semoga programnya berjalan lancar demi kecerdasan rakyat kita NTT from Obat Herbal Online

Note :

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel
2. Berkomentarlah dengan bijak
3. Mohon untuk tidak melakukan SPAM

Semoga Jaringan kita terus terjalin dengan saling berbagi informasi

Regards,
Flores Post